Ramadhan

.


Ramadhan adalah hari-hari besar umat islam untuk mengerjakan berbagai macam kebaikan. Ramadhan bagaikan pekan raya bagi orang-orang yang bertakwa. Rasulullah SAW menggambarkan Ramadhan sebagai tamu agung yang harus dimuliakan oleh kita semua. Kedatangan tamu agung itu merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kita umat Islam. Karena begitu agungnya derajat bulan Ramadhan, sehingga rasulullah SAW bersabdah : 

" Sekiranya umatku mengetahui tentang keagungan Ramadhan, pasti mereka mengharapkan agar setahun itu seluruhnya menjadi Ramadhan." 

Puasa yang terbaik, adalah puasa yang bukan saja menahan makan-minum dan nafsu syahwat. Akan tetapi lidah, mata, tangan, telinga, kaki dan semua anggota badan kita harus berpuasa dari segala perbuatan yang negatif. Kedua mata kita haruslah dijaga dari memandang hal-hal yang diharamkan Allah. Lidah kita harus suci dari ghibah, caci maki, dusta, adu domba, dan perkataan yang dapat menyakiti dan menyinggung perasaan orang lain. Kedua telinga kita harus dihindarkan dari lagu-lagu dan perkataan yang dapat memalingkan kita dari mengingat Allah.

Puasa adalah perisai untuk menghadang kemaksiatan dan perbuatan dosa di dunia ini. Ketika kita berpuasa hendaklah berkata yang baik-baik saja. Jika ada seseorang yang memaki kita, janganlah kita cepat marah dan berkata kasar. Keburukan tidak perlu di balas dengan keburukan, tetapi keburukan hendaklah dibalas dengan kebaikan.

Marilah kita berwajah ceria, mentela'ah, dan mengqodho puasa, mudah-mudahan Allah SWT berkenan memberi kekuatan kepada kita, lahir dan batin, mental dan spiritual agar dapat melaksanakan ibadah puasa kita dan ibadah-ibadah lainnya, serta diterima olehNYA Amin Ya Rabbal Alamin.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Post Yang Terkait

 
{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com